Thursday, 1 August 2013

Tips Hemat Berkendara

Zaman sekarang, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) cenderungan konsisten mengalami kenaikan. Keadaan ini mendorong sebagian orang untuk mulai melakukan penghematan dan sebisa mungkin memperoleh jarak maksimal dengan setiap liter yang dimiliki menggunakan mobil kesayangannya. Konsumsi setiap liter yang dikonsumsi dalam setiap kilometer tempuh menjadi hal menarik untuk diperbincangkan.

Bagi produsen dan penggemar mobil, tips yang akan saya berikan bisa bermanfaat dalam melakukan penghematan biaya keluar dan meringankan beban biaya mahal pada bahan bakar yang harusnya tersimpan ‘rapi’ di dalam tabungan Anda. Poin-poin ini akan menjadi cara sederhana bagi Anda untuk menghemat pengeluaran setiap liter per kilometer, dan jika melakukannya dengan benar, Anda bisa menghemat pengeluaran bahan bakar Anda dalam jangka panjang:

Berkendara dengan Santai

Berkendara hemat adalah dengan menurunkan kecepatan dan akselerasi berkendara. Sejauh belum ada kepentingan yang mendesak, kenapa harus memaksakan diri melaju dengan kecepatan tinggi? Jika hasrat meningkatkan akselerasi Anda memuncak, ingatlah pepatah “tak kan lari gunung dikejar”.

Periksa Selalu Tekanan Angin Ban

Tekanan angin yang rendah, akan memberikan beban yang berat bagi kendaraan Anda. Secara otomatis, konsumsi bahan bakar akan meningkat sesuai dengan peningkatan beban yang ditanggung. Biasakan rutin memeriksa tekanan angin ban mobil Anda setidaknya sekali dalam sebulan. Anda bisa mencari tahu tekanan angin yang disarankan pabrik pada informasi terlampir di buku manual berkendara.

Cek Saringan Udara

Saringan Udara yang kotor atau usang bisa mengganggu aliran udara menuju mesin. Tapi tidak perlu khawatir, saringan udara pada dasarnya relatif mudah untuk diperiksa dan diganti jika diperlukan. Cara mengecek kondisi saringan udara ini cukup mudah; lepas saluran udara dan arahkan pada sinar matahari. Jika tidak ditemukan sinar matahari yang menembus saringan udara tersebut, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru. Disarankan untuk mengganti saringan udara dengan saringan permanen yang cenderung bisa dibersihkan tanpa perlu diganti. Selain itu, saringan udara jenis permanen juga lebih ramah pada lingkungan.

Berakselerasi dengan Bijak

Gas dan rem mendadak bisa membuang bahan bakar dengan sia-sia. Saat mengendarai mobil automatic, sedikit berakselerasi bisa digunakan untuk menaikkan transmisi. Saat mengoperasikan mobil manual, lakukan peningkatan transmisi lebih awal tanpa menyiksa mesin. Pastikan selalu mata Anda awas terhadap kendaraan yang di depan agar terhindar dari rem mendadak. Rem mendadak hanya akan “meneguk” bahan bakar yang tidak mesti “diteguk”.

Bersihkan Mobil

Terlihat terlalu sederhana dan nyaris tidak berhubungan sama sekali. Namun memiliki kebiasaan menaruh barang yang tidak perlu di dalam mobil hanya akan menambah beban bagi mesin dan berujung pada membuang bahan bakar yang tidak seharusnya terpakai. Ketimbang membiarkan barang-barang yang memberatkan itu di dalam mobil, lebih baik Anda gunakan untuk sesuatu yang lebih berguna.

Berkendara Seperlunya

Oke, ini mungkin sedikit keluar dari konteks “berkendara hemat”. Tapi jika yang Anda prioritaskan adalah poin “hemat” nya, maka ini bisa menjadi pertimbangan. Banyak kebaikan yang bisa Anda lakukan dengan berkendara seperlunya; mulai dari memperkecil risiko kemacetan sampai sehat pula bagi Anda yang memilih berjalan kaki untuk yang jarak masih logis ditempuh menggunakan tenaga Anda.



Begitulah, jika Anda benar-benar konsisten dalam menerapkan beberapa tips yang saling berhubungan ini, maka manajemen kehidupan yang efektif dan efisien bukanlah lagi hal tabu bagi Anda.

Source: Otopedia.com

No comments:

Post a comment