Wednesday, 31 July 2013

Berkendara dalam Posisi Ideal


Dewasa ini, mobil modern semakin banyak yang dilengkapi dengan fitur canggih untuk menjamin keselamatan penumpangnya. Sebagus dan secanggih apapun, akan jauh terasa lebih baik jika fitur-fitur keselatamatan itu tidak pernah ‘tergunakan’. Untuk membuat fitur keselamatan tadi tidak ‘tergunakan’, bisa diawali dengan duduk dalam postur yang ideal. Postur berkendara yang ideal tidak hanya akan membuat Anda aman dan penuh perhatian saat menyetir, namun juga akan membuat Anda menyetir dengan lebih gesit.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memperoleh postur mengemudi yang ideal adalah duduk dalam posisi nyaman. Sesuaikan tempat duduk, tegakkan badan sembari bersandar, dan distribusikan berat badan Anda pada punggung. Dalam posisi seperti ini, atur maju dan mundur tempat duduk hingga kaki dan tangan Anda bisa meraih instrumen-instrumen berkendara dengan nyaman.

Selanjutnya, baru atur kemiringan sandaran tempat duduk Anda sembari tetap memegang roda steer. Posisi tangan saat memegang steer adalah tangan kiri pada arah jam 9 dan tangan kanan arah jam 3 dari roda steer. Kemiringan sandaran tempat duduk yang disarankan adalah saat tangan memegang steer, siku sedikit melengkung. Hal ini berguna untuk menghindari kemungkinan peregangan berlebihan.

Itulah tips memperoleh posisi duduk yang ideal saat berkendara. Posisi duduk tidak ideal hanya akan membuat Anda sakit punggung, karena itu praktikkanlah dan berkendaralah dengan aman.

Source: Otopedia.com

No comments:

Post a comment