Sunday, 11 August 2013

Merawat Mobil yang Ditinggal Mudik

Ada yang memiliki mobil lebih dari satu unit sehingga bisa memilih salah satu mobil mereka sebagai transportasi mudik atau mungkin ada juga yang langsung memilih transportasi umum lain sebagai teman mudik mereka di lebaran kali ini. Apapun pilihan mereka, tetap akan ada satu kesamaan, yakni keharusan untuk meninggalkan mobilnya untuk waktu yang relatif lama. Meninggalkan mobil untuk kurun waktu lama, tentunya mengharuskan pemiliknya lebih antisipatif agar mobil yang lama tidak akan digunakan tersebut tetap bisa terawat dengan baik. Beberapa perawatan untuk mobil yang ditinggal mudik dan dapat Otofriends aplikasikan sendiri, antara lain:

1. Pastikan tidak meninggalkan mobil dalam keadaan kotor akibat air hujan maupun bercak akibat cipratan lumpur maupun kubangan air. Apabila mobil dalam keadaan kotor, segera lakukan pembersihan secara keseluruhan baik interior maupun eksterior mobil. Pembersihan tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya jamur dan juga korosi.

2. Lepaskan kabel aki mobil. Otofriends harus memperhatikan posisi kabel aki saat mencabutnya. Ketika mencabut, awali dengan mencabut kabel negatif lalu baru mencabut kabel positif agar terhindar dari sengatan arus listrik. Ketika memasang kembali awali dengan memasang kabel positif. Tujuan dari pencabutan kabel aki adalah untuk menghindari aki kehabisan listrik. Aki yang tidak digunakan namun masih tersambung dengan perangkat kelistrikan akan merusak sel-sel aki dan menghilangkan kemampuannya menyimpan listrik. Penggunaan aki mobil secara rutin membuat aki mobil menjadi lebih awet.

3. Hindari penggunaan rem tangan. Penggunaan rem tangan dalam waktu yang lama dapat membuat minyak dengan piringan rem akan semakin lengket. Baiknya gunakan balok pengganjal untuk menghindari mobil bergeser.

4. Pastikan keempat ban mobil tidak dalam kondisi bersentuhan dengan lantai. Untuk mengangkat ban, Otofriends dapat memakai dongkrak maupun stand jack. Ban yang selalu bersentuhan dengan lantai sangat tidak baik karena postur ban akan berubah akibat selalu menahan beban pada titik yang sama dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain untuk menjaga postur ban, dengan mengangkat ban dapat menjaga kondisi suspensi agar tetap berfungsi dengan baik dan tetap nyaman saat mobil dikendarai.

5. Hindari posisi wiper yang menempel dengan kaca karena dengan posisi tersebut karet wiper akan mengalami kerusakan seperti: karet melengkung maupun karet menjadi keras (kehilangan kelenturannya). Kerusakan pada karet wiper dapat menggores kaca saat digunakan.

6. Terakhir, letakkan pengharum mobil untuk menghindari bau apek saat mobil akan ditutup dalam jangka waktu yang cukup lama. Tutup pula mobil menggunakan cover mobil agar catnya terhindar dari debu, panas, air hujan dan aksi kejahatan.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, Otofriends tidak perlu merasa khawatir lagi meninggalkan mobil di garasi rumah. Sehingga perjalanan mudik dapat berjalan dengan menyenangkan.

Source: YP/TA Otopedia.com

No comments:

Post a comment