Tuesday, 13 August 2013

Asuransi Kecelakaan Diri: Kebutuhan atau Pilihan?

Apa Itu Asuransi Kecelakaan Diri?


Asuransi kecelakaan diri merupakan aspek penting dalam hidup kita yang kadang kurang diperhatikan oleh orang-orang. Pada dasarnya, polis asuransi tahunan jenis ini memberi Anda perlindungan menyeluruh terhadap musibah yang tak terduga di masa depan.


Karena kecelakaan dapat terjadi kapan dan di mana saja, polis asuransi semacam ini dapat memberi Anda rasa aman karena mengetahui bahwa Anda dan orang-orang tercinta memiliki perlindungan setiap saat. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa setiap asuransi kecelakaan diri melindungi jenis kecelakaan yang berbeda-beda. Umumnya, banyak di antara kita yang mengabaikan jenis-jenis dan syarat-syarat pertanggungan asuransi ini.  Sebagai contoh, pengecualian polis dapat mengabaikan perlindungan untuk kasus bunuh diri, kematian saat persalinan, dan jenis kecelakaan lain. Begitu pula jumlah pertanggungan yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada polis yang Anda beli.


Seberapa Pentingkah Asuransi Kecelakaan Diri?


Hal yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita sebagian besar adalah tingkat kepentingan jaminan kecelakaan diri. Anda mungkin bahkan melakukan kalkulasi mental cepat tentang kecelakaan-kecelakaan di masa lalu yang pernah Anda alami. Sejujurnya, sebagian dari kita membutuhkannya dan sebagian lagi cukup beruntung untuk tidak memerlukannya. Namun lantas bagaimana Anda bisa mengetahui? Kecelakaan datang tanpa mengetuk pintu dan terjadi begitu saja.


Jadi aturan umumnya adalah: Anda mungkin memerlukannya. Berikut alasannya:


Kecelakaan sifatnya tak dapat diprediksi


Kita tidak menjalani hidup yang statis. Setiap hari kita pergi bekerja dan menghadapi situasi baru. Statistik kecelakaan di jalanan tidak terlalu menggembirakan dalam tahun-tahun terakhir dan terkadang bersifat hati-hati pun tidak cukup. Kecelakaan di jalanan hanya merupakan salah satu contoh, banyak kecelakaan lain yang dapat terjadi di rumah Anda sendiri. Tidak ada tempat yang aman, namun kita tidak perlu menjalani hidup dalam rasa takut pula. Memiliki polis asuransi kecelakaan diri memberi Anda ketenangan karena dapat mengambil sedikit kendali atas hal-hal di luar kendali Anda.


Asuransi pekerjaan tidak cukup


Kadang kala, pekerjaan Anda dapat berisiko secara fisik  dan asuransi pekerjaan mungkin tidaklah cukup. Hal ini karena asuransi jenis ini biasanya tidak memberi kejelasan mengenai jumlah pertanggungan dan biasanya sifatnya sangat terbatas. Oleh karena itu, polis asuransi kecelakaan diri dapat memberi Anda kebebasan untuk memilih perencanaan terbaik serta jenis pertanggungan yang benar-benar Anda butuhkan.


Tabungan Anda mungkin tidak memadai dalam situasi yang tidak menguntungkan


Tidaklah mengherankan mengetahui bahwa sebagian besar dari kita hanya memiliki sedikit tabungan atau bahkan tidak sama sekali. Kita memiliki gaya hidup yang tidak dapat diprediksi dan banyak di antara kita yang hidupnya mengalir begitu saja. Bagaimana Anda menghadapi musibah di sela-sela rutinitas Anda? Apakah Anda mampu membayar biaya medis yang dapat mencapai puluhan juta rupiah atau lebih? Sudah cukup sulit bagi Anda untuk mengalami kecelakaan dan masih harus memikirkan cara untuk membayar biaya rumah sakit dan biaya-biaya lain yang mengikuti. Skenario terburuknya, bagaimana keadaan keluarga tercinta Anda jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kematian? Polis asuransi kecelakaan diri dapat membantu Anda mendorong mereka melewati kesulitan keuangan yang mungkin akan mereka hadapi.


Ada banyak faktor penting tentang alasan Anda membutuhkan asuransi kecelakaan diri. Namun demikian, keputusan mengenai asuransi kecelakaan diri yang tepat dengan manfaat yang sesuai ada di tangan Anda.


Faktor-faktor penting tersebut merupakan faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli asuransi kecelakaan diri. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai topik ini, simak beberapa artikel kami mengenai asuransi kecelakaan diri.


Dan jika Anda mencari penawaran yang pasti, cari dan bandingkan asuransi kecelakaan diri terbaik di Indonesia!

 

No comments:

Post a comment