Thursday, 26 September 2013

TIPS MEMILIH ASURANSI MOBIL BEKAS

Kundi dan mobil bekas yang harus diasuransikan

MOKAS alias mobil bekas, selalu menarik  bagi para calon pengguna mobil, disamping  karena kualitasnya yang masih bisa diandalkan sampai beberapa waktu  kedepan,  harga yang kompetitif juga menjadi alasan  yang tidak terelakkan.  Namun pentingkah asuransi mobil untuk  mobil seken atau bekas ?

Loading Rate 

Loading rate adalah biaya yang harus dibayarkan untuk menguransikan mobil bekas yang anda miliki. Persentasenya bisa beragam, antara 0,1% sampai 10% dari harga mobil bekas terkait dan setiap merek asuransi mobil memiliki loading rate yang berbeda beda. Ada yang langsung memberikan harga mutlak atau tanpa memperhitungkan persentase dari harga mobil untuk mobil yang berusia diatas 5 tahun. Oleh karena itu anda harus pandai dan cermat dalam memilih perusahaan asuransi, agar bisa mendapatkan loading rate dengan harga yang menguntungkan dan perlindungan yang luas. 


Mengapa persentase loading rate semakin tinggi ? apabila mobil memiliki umur yang cukup lawas. Jawaban untuk pertanyaan di cukup sederhana, dengan keadaan mobil anda yang berstatus bekas atau seken, maka secara alami anda berada selangkah lebih beresiko untuk mengalami kerusakan dalam bentuk apapun, dibandingkan dengan mobil baru, hal ini menyebabkan perusahaan asuransi harus memperhitungkan biaya-biaya yang akan dikeluarkan, yang mana tentunya akan lebih banyak dibanding mobil baru.


Tidak hanya resiko yang lebih besar, tetapi keberadaan suku cadang atau spare part yang tergolong non standard accesories, menyebabkan harga perbaikan dari mobil bekas atau seken tersebut lebih tinggi. Bayangkan mobil anda adalah mobil Kijang kapsul yang diproduksi sekitar tahun 90-an dan suku cadangnya sudah tidak diproduksi secara massif oleh produsennya. Hal ini pastinya mempengaruhi proses perbaikan mobil yang anda asuransikan.

Dalam berasuransi, anda harus mengenal istilah asuransi mobil terlebih dahulu, agar anda tahu benar tujuan dari setiap dana yang anda keluarkan untuk mengasuransikan mobil bekas anda.

Faktanya, banyak yang masih mengesampingkan pentingnya perlindungan yang satu ini. Padahal secara sederhana, mobil bekas memiliki potensi kerusakan yang sama atau mungkin melebihi mobil baru pada umumnya. Namun ini beberapa faktor yang harus diperhatikan apabila anda ingin mengasuransikan mobil bekas.

No comments:

Post a comment