Friday, 15 November 2013

SEPEDA MOTOR & TIPS MEMBELINYA

Sepeda motor dapat menjadi opsi, namun pilihlah yang sesuai dengan keperluan



Perkembangan otomotif, khususnya industri sepeda motor, berada pada titik yang sangat ramai. Para produsen tidak lagi hanya datang dari negeri sakura, tetapi datang juga para penantang baru dari tanah Bollywood. Pasar Indonesia yang beragam dan subur, sangat menarik para produsen tersebut, sehingga mereka berlomba-lomba untuk mengisi pasar dengan berbagai macam produk baru. Setiap merek dan jenis sepeda motor, menawarkan berbagai fitur, namun apakah hal terpenting yang harus diperhatikan pada saat ingin membeli sepeda motor ? , ini dia tips membelinya.

1. Cari sepeda motor yang sesuai dengan anda

Pada saat ingin membeli motor, tanyakan beberapa hal sebelum melihat merek dan jenis sepeda motor yang akan dibeli. Tanyakan apakah kepada diri anda, sampai tingkat apakah kemahiran saya dalam riding? , pertanyaan ini akan menentukan jenis sepeda motor dengan transmisi seperti apakah yang akan dibeli, apakah motor dengan kopiling atau otomatis. Selanjutnya, sesuaikan pemilihan motor dengan pemakaiannya nanti, misalnya apabila sepeda motor tersebut akan digunakan untuk keperluan sehari-hari, mungkin memilih Harley Davidson atau motor Ducati akan menguras kocek yang cukup dalam, akan lebih baik bila membeli motor bebek, scooter, atau motor lain yang memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup rendah. 

2. Cari sepeda motor yang sesuai dengan budget

Walau terdengar klise, namun selalu coba untuk memperhitungkan budget yang dimiliki sebelum memutuskan untuk membeli sepeda motor. Di era dimana hampir semua barang bisa dicicil, agak sulit untuk menyesuaikan budget dengan ekspektasi akan barang yang diinginkan, karena semuanya "terasa" terjangkau. Namun sangat dianjurkan agar anda tidak mengambil cicilan sepeda motor yang setiap bulannya melebih 30% pemasukan anda. Ingat ada hal yang lebih penting, dibanding memiliki sepeda motor, yaitu anda sendiri dan keluarga anda.

3. Pilih sepeda motor yang mendapat dukungan purna jual

Perhatikan poin ini dengan serius, karena apalah arti sepeda motor yang bagus dan bandel, apabila tidak ada purna jual terderkat yang bisa membantu anda untuk mendapatkan servis bulanan atau menggantikan sparepart yang rusak ? . 


4. Pilih sepeda motor dengan harga terbaik

Lakukan desktop research sebelum membeli sepeda motor dengan tipe dan merek tertentu, lihat forum, halaman komentar, atau tanyakan para pengguna motor yang akan anda beli, tentang pengalamannya menggunakan motor tersebut. Riset juga bisa dilanjutkan dengan melihat di situs jual beli motor, agar memiliki bayangan akan berapa nilai yang layak untuk membeli motor yang anda inginkan.

5. Pilih sepeda motor asuransi motor sebagai pelindung

Apabila anda sudah siap membeli sebuah sepeda motor, persiapkan juga, budget untuk membeli asuransi motor. Pada umumnya, perusahaan leasing sudah banyak yang memberikan asuransi sepeda motor, namun terkadang nilai pertanggungannya sangat minimalis, oleh karena itu ada baiknya apabila anda mencari perlindungan tambahan dengan membeli asuransi motor tambahan.

6. Pilih sepeda motor dan beli perlengkapan keselamatan

Jangan terlalu bersemangat akan riding motor baru tersebut, tanpa mengingat aspek keselamatan. Investasikan budget untuk membeli helm motor yang nyaman dan aman. Bila anda akan sering riding malam, pastikan juga untuk membeli jaket yang nyaman, agar tidak terkena angin secara langsung. Tidak hanya sampai disitu, beli sarung tangan motor, agar grip alias cengkraman tangan terhadap stang kemudi semakin solid, sehingga mudah untuk bermanuver.




No comments:

Post a comment