Monday, 18 November 2013

6 TIPE SEPEDA MOTOR


Tipe sepeda motor



Ada banyak tipe sepeda motor, mulai dari motor sport sampai scooter. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun manakah yang paling cocok dengan keseharian anda ? dan tentunya yang paling sesuai dengan kocek alias budget. Pada artikel kali ini, anda bisa melihat 7 tipe sepeda motor dan keunggulannya secara singkat agar bagi anda yang baru pertama kali ingin memutuskan untuk membeli sepeda motor, tidak bingung.

1. Sepeda motor sport

Sepeda motor jenis sport adalah salah satu jenis yang paling populer, terutama di tengah kaum adam. Kecepatan dan kekuatannya yang memikat, membuat gila para pecinta kecepatan. Tidak hanya dari performa, tetapi juga dari segi gaya, sepeda motor ini memiliki body yang ramping dan juga dinamis, sehingga membuat mata yang memandang semakin terpikat. Motor sport yang paling terkenal di tengah kebanyakan masyarakat Indonesia, biasanya adalah Kawasaki Ninja, Honda CBR, Ducati, dan Triumph. Bagi pengendara sepeda motor yang baru belajar, motor sport mungkin bukan pilihan yang tepat, karena berat dan pengoperasian transmisinya, yang bisa cukup rumit, bagi pemula.

2. Sepeda motor scooter

Tipe selanjutnya ialah scooter. Berasal dari Italia, motor jenis ini dipopulerkan oleh merek Vespa (berasal dari Italia). Motor jenis ini sangat terkenal di era 90-an karena pengoperasiannya yang mudah dan konsumsi bahan bakarnya yang murah. Namun di menjelang sekitar tahun 2005-an, Indonesia di serbu lagi dengan treng sepeda motor scooter, yang mana kali ini dipelopori oleh produsen sepeda motor Jepang, dengan nama Scoopy dan masih banyak lainnya.

3. Sepeda motor bebek

Jenis yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia dan negara-negara asia tenggara lainnya seperti Vietnam dan Filipina. Sepeda motor, merupakan pilihan bagi banyak orang karena, bahan bakarnya yang irit dan pilihan variannya yang paling banyak di pasaran (Indonesia). Tidak hanya irit, motor bebek juga relatif murah, jika dibandingkan dengan motor dengan jenis-jenis lainnya.

4. Sepeda motor cruisers

Bila anda ingin bergaya ala para pengendara Harley Davidson, namun tidak menginginkan untuk mengeluarkan kocek sedemikian rupa untuk sepeda motor, belilah motor tipe ini. Tampilannya yang sedikit mirip mengikuti motor-motor besar Harley Davidson ini, bisa didapati dari produsen sepeda motor Jepang, salah satu keluaran yang cukup terkenal adalah Honda Cruiser Phantom.

5. Sepeda motor adventure sport

Apabila anda familiar dengan acara TV "Ring of Fire" , itu artinya anda pernah melihat motor jenis adventure sport. Motor tipe ini terkenal dengan ketahanannya, baik di medan on road atau off road oleh karena itu tidak heran motor ini menjadi teman sejati dari para petualang. Motor berjenis adventure sport yang paling terkenal, ialah keluaran BMW RG1200

6. Sepeda motor touring

Sepeda motor ini memiliki ciri yang khas, kaca depan yang lebar, tempat penyimpan barang yang luas, tempat duduk tambahan, dan tidak lupa intercom untuk membantu komunikasi selama perjalanan. Salah satu contoh motor touring ialah Honda Goldwing.

Dari 6 tipe sepeda motor tersebut mana yang paling anda inginkan ? , ingat apapun tipe motor yang dipilih ingatlah untuk selalu memiliki asuransi sepeda motor 

No comments:

Post a comment