Tuesday, 19 November 2013

6 USAHA SAMPINGAN TANPA MODAL


6 Usaha Sampingan Tanpa Modal


Semakin menanjaknya tantangan ekonomi, semakin menanjak pula tuntutan hidup. Setiap orang dituntut untuk semakin kreatif dalam mengelola keuangannya. Oleh karena itu, memiliki perkerjaaan reguler saja, terkadang tidak cukup, perlu sedikit usaha ekstra yang tida menggangu perkerjaan utama, yaitu usaha sampingan. Ada banyak ragam usaha sampingan, yang bisa disesuaikan dengan keahlian masing-masing, mulai dari yang mengeluarkan sedikit modal sampai tanpa modal sekali. Sebelum membaca 10 tips usaha sampingan tanpa modal ini, selalu ingat bahwa setiap usaha perlu kerja keras dan konsistensi.

1. Usaha sampingan konsultan IT

Apabila anda memiliki kemampuan teknis yang berhubungan dengan dunia IT, seperti programming aplikasi atau website, ada kesempatan yang besar untuk orang dengan kemampuan ini. Jaman dimana serba digital, bukan berarti semua orang mengerti pemprograman JAVA, HTML, dan hal teknis IT laiinya. Disinilah celah bagi anda untuk masuk dan menjadi solusi. Klien usaha sampingan anda, bisa dimulai dari orang-orang terdekat, seperti orang tua yang memiliki bisnis tradisional yang memerlukan sentuhan website guna memperlancar bisnisnya atau teman kantor yang baru ingin memulai usaha impiannya tetapi memiliki pengetahuan terbatas tentang aplikasi yang ingin dibuatnya.

2. Usaha sampingan EO (Event Organizer)

Bagi yang suka management , mendekorasi, atau mengatur jalannya suatu acara, mulailah mendalami keperluan-keperluan apa saja yang diperlukan oleh sebuah pesta pernikahaan, ulang tahun, atau perayaan lainnya. Bila sudah mengerti dengan seluk beluknya, tawarkan jasa anda kepada kerabat terdekat atau teman. Memulai dengan mengatur acara ulang tahun anak berumur 5 tahun, bukanlah awal yang buruk, karena bisnis EO adalah bisnis yang sangat bergantung pada kepercayaan, oleh karena itu memperbanyak portofolio dan rekomendasi mulut kemulut sangatlah penting. Ingat usaha sampingan ini mungkin tidak akan langsung membuat anda kaya raya, tetapi harus diingat juga, setiap tahun atau bulan selalu ada hari yang dapat dirayakan, dan disitulah anda berperan.

3. Usaha sampingan menjual makanan

Ini adalah usaha sampingan yang sangat cocok bagia para pecinta kuliner. Apabila anda suka mengeksplorasi makanan-makanan atau kue, mengapa tidak memulai mempelajarinya lebih dalam dan menjadikannya sebagai sebuah usaha sampingan. Usaha makanan memiliki target yang lebih luas dibandingkan usaha-usaha lainnya, namun ini berarti juga, anda akan menemukan saingan selama menjalankan usaha ini. Pasar potensial, bisa dimulai dari teman kampus, kantor, atau bahkan tetangga.

4. Usaha sampingan menjadi ghostwriter

Anda suka menulis blog, membuat rentetan artikel yang memiliki kejelasan dan keindahan sastra yang tinggi, mengapa tidak menyalurkannya sebagai sebuah usaha sampingan. Apakah anda familiar dengan sebutan ghostwriter, secara sederhana, ini adalah profesi belakang layar seorang penulis, yang identitasnya tidak akan ditampilkan di buku yang menjadi karyanya, karena karya tersebut sudah dibayar atau dibeli oleh orang yang akan diasosiasikan sebagai pencipta dari karya tersebut. Pasar ini sangat potensial dan dapat ditemukan dengan mengikuti komunitas-komunitas penulis yang berprofesi sebagai seorang ghostwriter.

5. Usaha sampingan menjadi tour guide

Ingin bertemu orang asing dan sekaligus mendapatkan uang saku dalam mata uang asing, jadialah seorang tour guide lokal. Tidak hanya kepuasan materi tetapi kepuasan secara sosial, bertemu dengan orang-orang baru dengan budaya berbeda, merupakan keuntungan dari profesi ini. Gunakan internet untuk mempromosikan jasa-jasa anda kepada para turis. 

6. Usaha sampingan menjadi affiliate marketer

Bila anda fasih dengan blog atau menyukai social media, ikuti program-program online yang bisa menghasilkan uang, lewat dua kegiatan tersebut. Salah satu kegiatan affiliate yang dapat anda ikuti secara gratis adalah RajaPremi Affiliate Program, yang dimana bisnis online gratis tanpa modal ini memberikan peluang untuk mendapatkan passive income lewat hal yang sangat sederhana, yaitu blog atau social media. Bila anda tertarik untuk bergabung silahkan baca penjelasan dan tipsnya disini

Banyak cara untuk memiliki usaha sampingan, namun bila anda masih ragu, silahkan diskusikan kepada orang terdekat. Namun hal apa yang paling sering membuat ragu untuk tidak memulai usaha sampingan ? , ayo bagikan pendapat anda lewat kolom komentar ? 

No comments:

Post a comment