Wednesday, 2 October 2013

ASURANSI MOBIL, 6 PERTANYAAN SEBELUM MEMBELINYA

gambar rumah, uang, dan asuransi mobil

Sebelum memilih asuransi mobil, terkadang sangat mudah untuk memutuskan untuk membeli produk, berdasarkan pengalaman kerabat yang telah menggunakannya terlebih dahulu, iklan merek yang di TV atau radio. Tetapi mungkin, ini bukan cara terbaik untuk memutuskan asuransi mobil mana yang akan akan dijadikan pelindung untuk mobil anda. Seperti bisnis pada umumnya, setiap merek asuransi mobil memiliki rating harga yang berbeda-beda, ditambah lagi setiap perusahaan pastinya memiliki layanan paska jual yang bervariasi juga, mulai dari jam kerja regular atau layanan 24 jam setiap harinya, dan yang paling penting bagaimana tanggapan dan kecepatan perusahaan asuransi tersebut, merespon ajuan klaim anda. Oleh karena itu, sangat wajar apabila anda melakukan observasi-observasi kecil sebelum berkomitmen untuk membeli suatu asuransi mobil dari perusahaan tertentu.


Tetapi jangan melalui proses observasi, tanpa pengetahuan yang memadai. Anda harus tahu pertanyaan apa yang harus anda layangkan kepada perusahaan mobil yang sedang diobservasi, karena tidak semua agen asuransi akan memberikan informasi secara mendetil dan menyeluruh. Hanya dengan pertanyaan yang komprehensif, anda dapat membandingkan asuransi mobil mana yang paling tepat dan mempunyai unsur value for money.


Bila anda adalah orang awam, ada baiknya anda mencatat  dan menyimpan 6 pertanyaan berikut, agar observasi produk asuransi mobil, dapat dilakukan dengan tepat dan komprehensif.

1. Jenis Perlindungan/ Coverages

Sebagai pembuka, pertama kali anda harus menanyakan perlindungan apa saja yang disertakan dalam asuransi mobil yang dibeli, karena dengan membeli asuransi mobil, bukan berarti apapun yang terjadi terhadap mobil anda, semuanya akan dilindungi dan dibiayai olehr perusahan asuransi.

Collision Liability

Pada hal ini, asuransi mobil akan memberikan biaya tanggungan reparasi mobil, tidak peduli siapa yang bersalah pada kecelakaan tersebut. Namun yang harus ditanyakan ialah berapa jumlah deductible   (dana pertama yang harus dikeluarkan pihak pemengang asuransi mobil )dana yang harus dibayarkan agar klaim asuransi bisa cair dan bagaimana prosesnya.


Comprehensive

Perlindungan asuransi mobil terhadap insiden non kecelakaan kendaraan bermotor. Klaim bisa dilakukan atas kejadian-kejadian seperti aksi vandalisme, pencurian, dan kebakaran. Dan sama seperti collision liability , ada sejumlah uang awal atau deductibles yang harus dibayarkan sebelum klaim cair. Namun akan sangat bijak bila anda mempertimbangkan nilai dari mobil yang dimiliki sebelum mengasuransikan mobil anda secara menyeluruh atau comprehensive.

Personal injury protection

Perlindungan ini membiayai biaya pengobatan dan kehilangan terhadap anda atau penumpang anda bila ada kendaraan lain yang menabrak anda. Dan bila anda terluka pada saat mengemudikan mobil orang lain, pihak asuransi juga akan membiayai tindakan medis yang harus dilakukan.


2. Risk assessment

Rating asuransi mobil yang akan ditawarkan kepada anda akan didasari oleh beberapa faktor, singkatnya semakin anda memiliki probabilitas untuk melakukan klaim terhadap perusahaan asuransi, semakin tinggi rating biaya asuransi mobil anda. Probabilitas tersebut dilatar belakangi oleh beberapa faktor seperti umur, tilang yang pernah didapatkan, jejak kriminalitas, dan beberapa hal lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya anda mencari perusahaan asuransi, yang sesuai dan anda rasa pas dalam mengkalkulasi risk dan rating asuransinya.



3. Pada saat siapa dan bagaimana klaim asuransi mobil a
    kan diterima ?

Misalnya bila anak anda yang sedang belajar mengemudi, mengalami tabrakan, apakah pihak asuransi akan membayar klaimnya. Bagaimana bila anda ada sedang meminjam mobil dan mengalami tabrakan, apakah pihak asuransi akan memberikan tanggungan. Pastikan anda memberikan beberapa skenario kejadian dan temukan informasinya sedetil mungkin, agar anda benar-benar mengetahui hak anda sebagai pemegang asuransi mobil.


4. Apakah anda menawarkan DISKON ?

Sama dengan barang atau jasa selain asuransi, anda dapat menanyakan apakah ada penawaran dengan harga khusus yang bisa dinikmati. Namun hal ini biasanya tidak akan diinfokan oleh agen asuransi mobil terkait, sehingga anda harus mencoba untuk menanyakannya.


5. Bagaimana metode pembayarannya ?

Metode pembayaran asuransi bermacam-macam dan dengan jangka waktu yang beragam pula. Oleh karena itu pastikan anda menyesuaikan perusahaan asuransi mobil yang memiliki metode pembayaran, yang sesuai dengan keadaan finansial.


6. Berapa nilai mobil yang akan diasuransikan ?

Sebelum membeli sebuah asuransi mobil, tanyakan dulu rate yang di berikan pada jenis mobil yang anda kendarai. Misalkan anda menggunakan mobil klasik keluaran 80-an atau 90-an, pastinya akan mempengaruhi rating dari asuransi mobil yang harus dibayarkan.

Namun bila 6 pertanyaan ini, terlalu membingungkan dan dirasa agak membuang waktu. Gunakan layanan online yang bisa memberikan saran dan perbandingan harga premi yang menguntungkan dengan cek asuransi mobil di RajaPremi.com

No comments:

Post a comment